Momen pas ganti HP baru – Smartphone ialah produk teknologi yang paling dekat dengan kita saat ini. Bagaimana tidak, dengan laju perkembangan internet dan juga media sosial yang kian atraktif dan adiktif, membikin kita jarang dapat lepas dari gawai mini dan maut ini.
Di tambah lagi, tak kala kita sering merasa gawai dimaksud lebih gampang rusak bila dibandingkan dengan ponsel “bodoh” ala Nokia beberapa tahun lalu. Meski dapat diulik alasannya mengapa, nyatanya banyak yang sudah ganti HP atau smartphone baru setiap beberapa tahun sekali.
Perilaku konsumerisme ini tentunya sangat disayangkan karena ponsel seakan-akan dibuat agar tak memperkuat lama dan maraknya marketing smartphone baru terlihat menggiurkan demi kita menggelontorkan uang untuk beli ponsel keluaran terbaru saat ini. Tapi, apakah hal tersebut perlu?
Kapan momen yang pas untuk ganti HP baru? Mengingat gadget mungil ini tentunya tidaklah relatif murah di Indonesia. Perlu bijak dalam menilai apakah sudah saat yang pas untuk mengganti smartphone baru. Apalagi dapat dikatakan kalau keperluan tiap perseorangan berbeda-beda.
Momen Tepat Ganti HP Baru, Jangan Sembrono!
Kapan momen yang pas untuk beli HP baru?Berikut ialah beberapa momen yang pas untuk mengganti smartphone anda ke model terbaru:
1. Kondisi Fisik HP Sudah Tidak Memungkinkan
Layar retak mending ganti baru?Seenggan apa pun kita mengganti HP baru, pastinya sudah tak lagi memungkinkan kalau kondisi fisik gadget ini tak lagi mumpuni. Anggap saja misalnya kondisi backdoor yang sudah renggang atau layar yang sudah rusak. pastinya momen seperti ini mengharuskan kita mengganti HP baru yang lebih layak pakai.
2. Membutuhkan Kinerja Lebih Gesit
Butuh untuk main game?Penggunaan smartphone tiap orang pastinya berbeda-beda. Ada yang membutuhkan kinerja lebih tinggi karena bermain game atau membikin konten untuk media sosial. Pastinya orang semacam ini membutuhkan HP dengan chipset kelas flagship atau upper midrange. Jika perangkatmu saat ini sudah ketinggalan zaman, mungkin ini ialah saat yang pas untuk beli baru.
3. Kecepatan Internal Storage Menurun
HP sudah terasa lemot?Smartphone yang sering digunakan dalam jangka waktu lama pastinya akan mengalami degradasi di bagian kecepatan internal storage. Karena sejatinya teknologi flash storage akan mengalami degradasi seiring waktu terutama kalau pengguna terlalu sering melakukan write ke internal storage secara konsisten.
4. Keperluan Konten Kreasi
Butuh HP kamera bagus untuk konten?Tidak dapat ditepis kalau saat ini smartphone sudah dapat digunakan sebagai konten kreasi. Apalagi dengan teknologi kamera yang semakin dipoles tiap waktu, membikin kamera ponsel baru menjadi lebih mumpuni digunakan bagus untuk vlogging ataupun sekadar jepret sana-sini. Kalau anda memang butuh use-case seperti itu, tak ada salahnya mengganti smartphone lama dengan yang baru.
5. Tidak Lagi Mendapatkan Update OS atau Patch Keamanan
Sudah tak dapat patch keamanan terbaru?Di era yang serba digital ini, keamanan digital tentunya tak kalah penting. Smartphone biasanya hanya memberikan update patch 2-3 tahun terutama untuk produk kelas midrange. Jika dirasa anda ialah orang yang membutuhkan keamanan data tetap terjaga rasanya membeli smartphone baru karena dalih dukungan update OS dan security dapat jadi pertimbangan.
Apalagi kini banyak produsen yang sudah memberikan dukungan update dari 4 tiba 7 tahun untuk kelas flagship mereka. Jadi, kalau dirasa anda mempunyai kemampuan finansial yang cukup, tak ada salahnya ganti ke flagship yang jauh lebih future proof.
6. Penyimpanan Internal Penuh
Storage full terus?Alasan terakhir yang mungkin tak terlalu krusial ialah soal penyimpanan yang penuh. Apalagi kalau anda tetap menggunakan internal 32 tiba 64GB di tahun 2025 ini, rasanya nomor segitu sudah tak lagi dapat memenuhi kebutuhan kita. Penting rasanya untuk mempunyai smartphone dengan storage 128GB atau 256GB minimal demi dapat digunakan dalam jangka panjang.
Memang terkadang mengganti smartphone baru terasa sebagai keputusan yang impulsif karena tak berdasarkan pertimbangan matang. Gencarnya marketing produsen smartphone saat ini mengaburkan batas antara keperluan dengan kemauan. Untuk itulah, berikut ialah berbagai pertimbangan ketika anda impulsif mau beli smartphone baru:
1. Sebatas FOMOTerkadang dalih membeli smartphone bukan datang dari keperluan melainkan karena merasa jenuh dan FOMO terhadap produk yang baru rilis. Karena itulah terjadilah keputusan impulsif membeli smartphone baru padahal kondisi smartphone saat ini tetap sangat mumpuni. Akhirnya terjadilah buyer’s remorse alias penyesalan usai pembelian.
2. Parts Rusak, Tinggal ServisBanyak sekali justifikasi yang terlontarkan ketika mau membeli HP baru. Alasannya biasa karena ada parts yang rusak dan tak memungkinkan untuk dipakai lagi. Padahal tak seluruh parts yang rusak berakibat fatal loh.
Ambil saja kasus baterai HP yang sudah tak bisa menyimpan daya. Kamu dapat loh servis dengan ganti baterai baru yang bahkan dilakukan di servis center formal pun tetap lebih murah dari beli HP baru. Pastikan parts yang diganti tak begitu mahal maka anda sejatinya tak butuh ganti HP.
3. Sensasi HP Baru Hanya Terasa di 3 Hari PertamaPercayalah, mempunyai HP baru memang terasa menyenangkan, tapi itu hanya beraksi untuk 3 hari pertama. Setelahnya anda sudah akan merasa biasa saja karena masa honeymoon sudah usai. Jadi, kalau memang anda hanya mau HP baru hanya karena jenuh dengan yang lama, mending anda pikirkan ulang apa nilai yang diberikan oleh HP baru nantinya.
4. Sembrono Karena DiskonYa memang, diskon itu terlihat menggiurkan. Tapi, kalau anda memang tak membutuhkan HP baru saat itu sebaiknya batalkan niat. Soalnya yang ada anda hanya akan melakukan keputusan yang salah karena takut masa promo habis dan merasa rugi. Gunakanlah diskon dengan pas dan pastikan momen tersebut ialah ketika anda memang sangat membutuhkan HP baru.
Jadi itulah berbagai dalih kenapa harus dan tidaknya dalam mengganti HP baru. Pastikan setiap keputusanmu pas dan tak impulsif dan tergesa-gesa. Menurut anda momen ganti HP yang bagus itu berapa tahun sekali brott?
Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.
English (US) ·
Indonesian (ID) ·